• djogzs
    LOADING . . .

Menikmati Keindahan Alam Gunung, Danau dan Kaldera Batur

Gunung Batur adalah merupakan gunung tertinggi kedua di Bali, setelah Gunung Agung. Gunung ini terletak di atas Danau Batur, Kintamani. Gunung Batur memiliki ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut  dan merupakan gunung api yang masih aktif sampai sekarang sama seperti Gunung Agung.


Sejarah Gunung Batur 
Alkisah, Gunung Batur yang tertuang dalam cerita Lontar Susana Bali, disebutkan merupakan puncak dari Gunung Mahameru yang dipindahkan oleh Batara Pasupati untuk dijadikan Sthana Betari Danuh (Istana Dewi Danu). Sehingga karenanya oleh mayoritas masyarakat setempat Gunung Batur dianggap memiliki kekuatan magis yang kental dengan unsur gaibnya. Maka, pada waktu tertentu seluruh umat Hindu yang berasal dari berbagai daerah di Bali datang ke Gunung Batur ini untuk menghaturkan Suwinih (semacam sesajen) guna menghindari bencana hama yang melanda ladang mereka.
Gunung Batur telah berkali - kali meletus. Sejak tahun 1804, Gunung Batur telah meletus sebanyak 26 kali. Letusan paling dasyat terjadi tanggal 2 agustus – 21 september 1926. Letusan Gunung Batur itu membuat aliran lahar panas menimbun Desa Batur dan Pura Ulun Danu batur. Letusan terakhir terjadi tahun 2000.

Keunggulan dan Daya Tarik Wisata Gunung Batur
Potensi dan keindahan Gunung Batur tak kalah menariknya dengan Gunung Agung di karangasem. Bahkan, keeksotisan dan keindahan Gunung Batur membuat gunung ini merupakan salah satu andalan objek wisata di Kabupaten Bangli. Gunung Batur sangat indah jika dipandang di pagi hari karena selain udaranya yang masih sejuk, wisatawan juga akan ditunjukkan dengan turunnya kabut tipis yang menutupi sebagian puncak Gunung Batur.

Kaldera Gunung Batur

Gunung Batur sendiri memiliki beberapa kawasan yang ditonjolkan yakni kawah gunung, kaldera, dan danau yang kita kenal dengan Danau Batur. Yang menarik ada aliran air didalam tanah yang mengalirkan air Danau Batur ke berbagai daerah di Bali sehingga muncul menjadi matar air dan disebut dengan Tirta Suci.
Jika Anda berdiri di penelokan (dalam bahasa Bali yang berarti 'tempat untuk melihat-lihat') yang terletak di wilayah Desa Kedisan, Kintamani, Anda dapat menikmati pemandangan alam di kawasan wisata ini dari lokasi yang paling strategis.
Mata akan takjub melihat pemandangan di bawah yang sangat indah karena kombinasi antara Gunung Batur beserta hamparan bebatuan hitam dengan Danau Batur, yang berbentuk bulan sabit berwarna biru di tengah kaldera, yang oleh banyak wisatawan dikatakan sebagai kaldera terindah di dunia.
Terletak di barat Gunung Agung, gunung ini memiliki kaldera berukuran 13,8 x 10 kilometer dan merupakan salah satu yang terbesar dan terindah di dunia. Pematang kaldera tingginya berkisar antara 1.267 meter hingga 2152 meter. Di dalam kaldera pertama terbentuk kaldera kedua yang wujudnya melingkar dengan garis tengah lebih kurang tujuh kilometer.

Saat ini mendaki sudah menjadi maskot wisata Gunung Batur. Dan tak hanya mendaki ke puncak Gunung Batur, belakangan banyak pula wisatawan yang melakukan aktivitas tracking di kawasan itu. Tracking mereka lakukan dengan melingkari Danau Batur atau Kaldera Batur.

Karena itu, aktivitas ini dikenal dengan sebutan Kaldera Batur Tracking. Ini merupakan lokasi pendakian paling baru, yang jauh lebih menantang dibanding lokasi sebelumnya karena di sepanjang lokasi pendakian juga terdapat sejumlah objek wisata, seperti memanjat tebing dan pemakaman umat Hindu di Trunyan.


AKSES
Akses jalan ke Gunung Batur sangat baik sehingga sangat mudah dijangkau dengan kendaraan apa pun. Angkutan umum memang tersedia, tapi jumlahnya sedikit. Kecuali Anda memang hendak menikmati asyiknya bertualang, sebaiknya Anda membawa kendaraan sendiri saat mengunjungi kawasan ini.
Lokasi Gunung Batur sendiri berdekatan dengan Danau Batur yang bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dari Ibukota Denpasar. Jika datang di pagi hari, maka dipastikan pengunjung selain bisa melihat dan merasakan suasana Gunung Batur yang sangat alami dan sejuk, juga bisa mengeksplorasi keseluruhan wilayah yang menjadi favorit para wisatawan, termasuk juga Danau Batur yang terletak di kaki gunung.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2010 octha'sblog, All Rights Reserved. Design by Kediri,Template kediri